Monday, April 26, 2010

miza and kumon ...

memang tidak bisa di pungkiri kumon toh bisa bikin anak dan orang tua keteteran kalau tidak rajin dan disiplin. rata rata semua orang tua yang bisa bertahan dan bisa mengambil manfaat dari kumon dengan baik berkomentar yang sama.

"it is very difficult in the first 3 month, but after that things are getting better, and they pick up the habit and do everything autopilot"

aku sendiri juga mengalami dilema yang sama di awal bulan waktu miza baru bergabung dengan kumon. tapi aku berusaha keras untuk sabar dan terus membimbing miza dengan kumon.

hari ini sebelum tidur, biasanya aku dan miza ngobrol ngalor ngidul. terus di antara obrolan kami aku tangkap yang berikut.

"i am so happy for you miza, now a days you are doing so well with kumon. i can see you enjoy kumon so much now"

"no mummy, i don't enjoy kumon. it is boring. BUT i can not say i don't like kumon?"

"why?" tanyaku penasaran menunggu jawabannya yang bisa jadi lonceng peringatan dan pertimbangan dengan baik.

"because KUMON will help me in study, so that i can do well in primary school. it is very important to do good in primary school so i can go to good secondary school"

"are you sure? you still want to do kumon?"

"yes!!! off course. even i like to do my spelling better, but i like to do kumon too, especilly english"

bersyukur juga mendengar jawaban miza yang cukup bijaksana dan dewasa. dalam hati, anakku bertambah dewasa dalam melihat situasi dan keputusan.

bagi kami berdua banyak keputusan yang melibatkan diri miza, kami putuskan berdasarkan pertimbangan dari miza juga. jadi dia sadar bahwa setiap keputusan yang menyangkut dirinya adalah juga keputusannya.

segini aja catatan hari ini, sengaja mau dokumentasi ini sebelum lupa ... peace everyone.