Thursday, April 29, 2010

maenan baru - mudah mudahan membantu dalam matematika







paling seneng ke kalau pergi ke science center, terus terang memang sengaja jarang pergi ke science center. kami berdua lebih memilih pergi ke science center dengan persiapan yang matang di rumah untuk miza sebelum berangkat ke sana. usaha ini sengaja kami terapkan agar miza bisa mengambil manfaat yang baik dan lebih banyak lagi waktu main ke sana. "it is not for the sake - just going there- BUT -going there with a mission-".

karena jarang ke sana, setiap kali ke sana pasti menemukan maenan maenan pendidikan baru yang bisa di pakai sebagai alat belajar bersama miza. gara gara beracuan dengan cara pendidikan montessori, jadi kebiasaan untuk memakai alat alat bantu waktu memperkenalkan suatu konsep baru. SEBENERNYA, alat alat montessori itu bisa di buat sendiri, di rekayasa sendiri asalkan tahu konsepnya dan syarat syarat dari setiap peralatan tersebut. tapi kadang, aku juga suka membeli beberapa alat bantu belajar yang berupa maenan.

OK! kali ini ada 3 maenan yang saya beli.

1. "All you need to know about FRACTIONS" in collaboration with Ms. Lee Pey Ren, yang di produksi oleh play and learn pte ltd. di kotak maenan ini di tulis, for primary level. saya beli sekarang karena kiasu ...hehehehe. untuk di simpan dan digunakan pada saat yang tepat. sekarang masih terlalu awal buat miza, tapi saya yakin pasti nanti ada manfaatnya.

di dalam kotak maenan ini ada buku panduan dan buku bermain. yang artinya anak anak di berikan persoalan yang harus di pecahkan. dan tentu saja dengan menggunakan maenan ini akan membantu si anak untuk memecahkan persoalan tersebut. konsepnya simple ...

konsep pertama adalah "piza di potong potong" ini istilah yang saya pakai dengan miza waktu berkunjung ke science center di bagian matematika. ada piza, di potong potong berbagai belahan, yang kemudian si anak mesti mencoba kembali menyusun potongan potongan piza yang sudah ada tulisan di belakangnya, contohnya satu piza dengan tulisan 1/8 di belakangnya, si anak membutuhkan 8 potongan yang sama untuk bisa kembali menyusun piza menjadi satu bulat utuh. dan seterusnya.

konsep yang kedua adalah penggaris, jadi memanjang ke samping dan di pecah pecah untuk kembali menjadi satu kesatuan yang utuh. di science center di bagian matematika alat ini juga ada.

konsep ini juga ada di teori montessori, kita menggunakan bentuk  cone yang kemudian di pecah pecah.

2. maenan kedua adalah Length and Distance - yang di produksi oleh First Learner. kemungkinan besar saya akan segera menggunakan maenan ini untuk memperkenalkan mengukur dan menghitung dengan menggunakan alat ukur/ penggaris. di dalam kotak maenan ini si anak di berikan measuring tape, picture map, activity cards dan teaching guide. di kotak maenan ini juga di tulis, skill kategori yang akan di capai adalah : numeric and logic, problem solving, fine motor skill dan hand eye coordination. ini semua sesuai dengan konsep montessori, mungkin masih ingat, semakin banyak skill kategori yang di capai semakin baik proses bermain itu bagi si anak.

3. maenan ketiga adalah Weight and Scale - di produksi oleh First Learner. konsepnya sama dengan di atas, cuman kali ini untuk menimbang berat. di dalam kotak maenan si anak dapat ditemukan balancing scale, food items can, anak timbangan, activity cards dan teaching guide. maenan ini pun akan segera saya pakai.

setiap kali membeli maenan saya selalu mempertimbangkan manfaat dan kegunaan dari maenan tersebut untuk perkembangan daya pikir anak. saya selalu timbang timbang, pro dan kontranya sebelum memutuskan membeli. setelah menimbang manfaatnya, saya pertimbangkan harga dan kualitasnya ...hehehehe, kemudian yang terakhir bisa dapat yang lebih murah di tempat lain atau bisa buat sendiri. "biasa nggak mau rugi" ...

demikian catatan mengenai maenan yang baru di beli.