Thursday, April 29, 2010

miza dan galaxy





kemaren seharian di rumah setelah kami kembali dari science center, miza non-stop cerita dan bertanya mengenai galaksi. dari bagaiman menulis nama nama planet, hubungan nama nama tersebut dengan cerita dewa dewi yunani dan romawi. banyak yang di tanya, banyak yang dia mau tahu. sampaikan saya harus browsing google sana sini untuk menerangkan beberapa konsep ke miza.

"mummy how big is our galaxy?" .... nah lo!!! dalam hati, nggak pernah seumur hidup belajar, baca atau ngerti mengenai hal ini. suamiku selalu berpesan, harus selalu memberikan jawaban yang benar. kalau tidak tahu lebih baik jujur atau berusaha untuk mencari jawabannya lewat internet.

pasti nggak percaya deh, semalem aku jadi bisa tahu kita membutuhkan waktu kuran lebih 150 juta tahun hanya untuk pergi ke matahari ....wkwkwkwkwk. kebayang nggak berapa lama menempuh perjalanan keluar dari galaksi kita milky way, baru sampe venus aja kita udah keburu meninggal. kadang kalau lagi bingung ngadepin pertanyaan miza, aku suka bawa ketawa dalam hati. dan selalu adanya penyeselan, kenapa dulu nggak baik baik dengerin pelajaran di sekolah, kan jadinya sekarang nggak mesti ngulang lagi !!!

dari hasil diskusi semalam, si miza muncul dengan mind mapping ala miza. miza memang hobi menggambar, kalau aku perhatikan dia bisa lebih ekspresif menerangkan sesuatu lewat gambar atau corat coretnya. seperti cara dia menerangkan ke diriku, bagaimana dia mengerti konsep alam semesta kita ... gambar gambar di atas adalah proses dia mengerti.

saya tidak pernah minta dia menggambar ini, dia gambar sendiri, yang dia tanya hanya bagaimana menulis nama nama tersebut.

syukurlah kalau miza senang dengan hal hal yang berkenaan dengan alam semesta dan sejarah ilmu pengetahuan. proses belajar sepertinya menyenangkan, dia senang kalau nama nama planet, bintang bintang di langit ada hubungannya dengan cerita yunani dan romawi kuno.

"why they name the stars after the god and goddeses"

haaayooooo ... udah malem dan ngantuk mesti jadiin homework ...wkwkwkwkw

"miza ... hmmm , good question. i will find for you the answers allright, NOW time for bed .. up up .. go to the bed"