Thursday, March 25, 2010

Bintang bintang di buku prestasi ku


ngajarin disiplin anak disiplin belajar piano itu susah susah gampang, apalagi usia prasekolah. kebetulan miza juga belajar piano, bagi kami miza belajar piano bukan harus menjadi seorang pianist nantinya, tapi lebih ke arah pembangunan disiplin miza nantinya.

kami lihat dari belajar piano itu, anak belajar untuk memecahkan persoalan sulit. membaca note balok, menerjemahkan note tersebut menjadi suatu bunyi tertentu di tust piano, dan mencoba menulis kembali note balok tersebut. jadi membaca, memainkan, mendengar bunyinya dan mencocokan bunyi, kemudian menulisnya kembali. seperti pesan cik mansur sebelumnya segala sesuatu yang menggunakan semua panca indera adalah media paling bagus untuk seorang anak belajar. semakin banyak panca indera yang di gunakan semakin baik, dan piano adalah salah satu media belajar masuk dalam kategori ini.

saya tahu belajar piano itu tidak mudah. sama seperti belajar membaca buku, membaca buku musik sama saja. kami lebih memilih miza belajar dari dasar, yang benar dan pelan pelan naik ke atas. memainkan musik di alat musik ini bukan tujuan utama kami, tapi pengalaman belajar membaca notebalok dan memainkannya di piano adalah hal yang paling penting. jadi bisa membaca buku musik bukan karena menghapal tapi karena bisa membaca.

kadang miza kehilangan semangat waktu note balok note baloknya semakin sulit dan banyak harus di hapal. buku pianonya pun memposisikan notebalok itu berulang ulang dalam posisi berbeda supaya hapal betul posisi tiap notebalok di bar pianonya. aku saja yang sudah tua gini suka kewalahan baca note balok note balok tersebut. belum lagi, miza juga harus berhadapan dengan tugas tugas lainnya yang sama bobotnya dengan belajar piano.

seperti yang selalu aku sebut sebut .... anak anak kecil itu sebenarnya cinta belajar hal yang baru, apalagi di buat FUN. montessori juga berpendapat begitu di awal usia 1 s/d 6 adalah kemampuan terbaik otak manusia untuk belajar atau menerima sesuatu yang baru. perkembangan otak mencapai peringkat 90% di usia ini. setelah itu hanya 10% .... montessori juga berpesan selama proses belajar dan disiplin menyenangkan si anak tidak akan pernah merasa terbebani.

hahahahaha ..... dan yang paling utama adalah si PEMBIMBINGnya ... memang seperti dalam dunia olah raga, si anak itu adalah player .. PEMBIMBING adalah coach. keberhasilan suatu team kadang tergantung oleh coachnya juga ....

kebetulan aku adalah coach miza, dan kebetulan aku suka mencari tahu ilmu ilmu yang berhubungan dengan dunia anak anak. sejak belajar montessori waktu miza umur 16 bulan, miza sering jadi ajang uji coba teori teori yang aku temukan. memang kita pun harus rajin, semangat dan menanggapi semua dengan positive, kalau tidak si anak akan ketularan juga ....

kembali ke soalan piano, setelah putar putar otak ... mencari akal bagaiman supaya miza cinta dan senang belajar piano, aku coba taktik berikutnya. BONUS BINTANG ....yeahhhh, aku beritahu miza, setiap kali usia kelas piano aku akan tanya gurunya berapa star buat miza hari ini. berapapun star yang di berikan guru miza akan menjadi bonus bintangnya. dan setiap bintang L$1. miza bisa kumpulkan bintang bintang tersebut yang bisa dia belanjakan sesuatu nantinya. KARENA .... proses pembentukan disiplin sudah mulai berjalan. tidak ada lagi beli maenan atau buku cerita baru dari ayah dan ibu. MIZA harus berusaha keras untuk menghasilkan poin yang nantinya bisa dikonversi menjadi uang lewat bank ayah atau ibu. dan dari uang itu dia bisa membeli sesuatu.

konsep ini pun gampang di terima miza, karena sudah terbiasa maen game di facebook. konsep menghasilkan koin lewat mengerjakan sesuatu bukan awam lagi. jadi dia bisa terima dengan lapang dada dan gembira .....

KEMAREN ... miza dapet 6 stars dari gurunya. masih kebayang mukanya yang ceria dan melompat kegirangan waktu gurunya bilang " i GAVE YOU 6 STARS today" ..... hahahahaah karena di rumah dia kira cuma dapat 3 stars karena tahu gurunya sedikit galak dan benar benar pefectionist.

sambil mencap star star itu dibuku prestasinya sekali lagi aku bilang ke miza ...

" YOU see when you practice, study, work hard and put your effort on it YOU CAN DO IT WELL. Good job Miza"

dia ketawa ....

"Yes mummy i will be the richest girl in the planet because i will work hard and earn all the stars ...."

miza miza ... dalam hati .... sambil tersenyum dan berdoa semoga usaha ini akan terus lancar dan berhasil.