Monday, April 5, 2010

miza dan dirinya sendiri

hari ini sepulang sekolah seperti biasanya kami selalu membicarakan apa yang terjadi di sekolah. untuk memancing pembicaraan aku selalu bertanya :

"so miza, what do you learn today in school?" - nyontoh ibunya jojo dari salah satu program di disney channel anak anak : http://www.disneychannel-asia.com/DisneyChannel/playhouse/friends/jojoscircus/ di setiap akhir acara pasti ibunya jojo bertanya yang sama. jadi nggak usah susah susah menginvent hal yang baru tinggal nyontek aja dari beliau.

kebetulan topi kita hari ini adalah : talking to your own self

"mummy, do you know sometime i want to do something but my self tell me other thing"

"what do you mean?"

"yeah i know i have to do my kumon, but my self still want to play and play and play ..."

"ahhhhh ... so are you sad about that?"

"noooo .... i am not sad, but i have to fight with my own self. i have to tell her, it is time to do my kumon, it is not time for playing."

"that is good ... and do you think you can win?"

"it is hard in the begining, but i think slowly i can do it ..."

dalam hati cukup bersyukur, setidak tidaknya miza bisa belajar apa namanya self-control dalam kadar kemampuan umurnya. tapi kurang lebih konsep mengenai self-control itu kurang lebih begitu. bisa menguasai diri sendiri dan mengaturnya demi kepentingan diri sendiri juga.

pembicaraan terus berlanjut mengenai self control tersebut, bahkan dengan lucunya dia contohkan ke diriku bagaimana waktu dia bicara dengan dirinya sendiri.

"my self ... you have to listen to me, if you don't listen to me we are in trouble"

sambil tersenyum aku tanya untuk konformasi

"do you speak loud when you do that?"

"no i speak inside my heart"

"do you think i can speak to yourself and tell yourself what to do?"

"no you can not mummy, because you can not see and hear it. only me can do it ... only myself"

tambah lega diriku mendengar uraian miza mengenai konsep disiplin ini. memang sejak hari sabtu kemaren miza aku belikan daily planner. aku suruh dia isi sendiri daily planner itu. miza mesti tulis di planner itu apa saja kewajiban yang harus dia kerjakan tiap hari sebelum dia bisa meminta haknya ; main komputer, nonton TV dan maen sama anak anak tetangga.

" okay mummy, on monday i have to do my kumon, practice my piano. and on tuesday i have to go to my art class and my kumon class. on wednesday i have to go to my piano class and practice my piano before that and do my kumon, and thursday ... and so on "

alhasil miza sendiri yang menentukan apa saja yang harus dia kerjakan tiap hari secara garis besar. setelah dia selesai menulis apa saya kegiatan harian dia yang wajib, aku ingatkan ke dirinya.

"now once you complete your responsibility you can cross it on your planner ... only then YOU CAN DO YOUR OTHER THING ... like playing, watching TV and going out. understand miza ...?"

"yes i understand mummy"

kejadian hari sabtu itu mungkin membawa dampak ke sikap miza dalam mengerti apa yang di maksud dengan self-control atau self-discipline. karena dia sendiri yang menguraikan semua kewajibannya, jadi dengan sadar dia tahu apa saja yang wajib di kerjakannya sebelum dia bisa mengklaim haknya.

resep ini aku ambil dari buku buku parenting yang aku baca, sepertinya agak manjur. boleh kalau mau di coba .. cuman ya begitu, sebagai orang tua mesti konsisten, telaten dan jangan mudah putus asa. kalau separoh jalan sudah menyerah akan susah menerapkan nilai nilai yang mau di tanamkan.

banyak banyak sabar dan berdoa tentunya ....

peace everyone :)