Wednesday, April 21, 2010

just a little bit more ...


Kemaren miza menyelesaikan satu tes lagi di Kumon agar bisa naik ke jenjang level berikutnya. Di Kumon setiap anak bebas untuk berdikari dan maju pesat bila si anak mampu, tapi mereka harus melalui tes tes untuk memastikan bahwa si anak siap untuk ke jenjang level berikutnya.

kali ini adalah matematika. miza sekarang berada di level 3A, kemaren dia mengambil tes [tanpa persiapan di rumah, tes ini selalu dadakan] untuk naik ke level berikutnya.

materi test ini adalah semua materi yang dia pelajari di level 3A, jumlah soalnya 60 dan waktu yang di targetkan adalah 15 menit untuk menyelesaikan semua soal ini.

tiap hari miza bisa mengerjakan sampai 80 soal dalam waktu 15 menit. tapi selalu aja saja koreksi. koreksinya hal yang kecil kecil ... misalnya 16+3= 19, tapi miza tulis 9. atau 2+3=5, tapi miza tulis 15. mungkin dari 80 soal salah 3 atau 4 dalam target waktu 15 menit.

aku berusaha keras untuk selalu mengingatkan miza untuk memeriksa pekerjaannya sebelum diberikan kepada diriku untuk di periksa terakhir kali. tapi selalu gagal ... hehehe salahku juga, kadang suka meleng lupa mengecek apakan miza sudah periksa pekerjaan sekali lagi.

hal ini terjadi kemaren ... seharusnya miza bisa achieve 60/60 = 100%, tapi sayang 4 soal salah karena problem yang sama.

hal ini benar benar menjadi pekerjaan rumahku, bagaimana caranya melatih kebiasaan teliti dalam bekerja. mesti cari strategi yang menarik dan effektif ... hmmmm mesti on the mission lagi ... browsing sana sini, explore perpustakaan sama toko buku yang bisa kasih tips tips berguna.