Monday, March 22, 2010

Sistem perbankan bagi anak umur 5 tahun

seperti biasa kalau weekend waktu untuk makan keluar. dapur mummy tutup dan ada alasan buat ayah, makan di luar sembari grocery shopping.


kita mampir di MADJACK resto baru di mall deket rumah. makanannya lumayan enak, nggak mahal dan halal. selagi menunggu ayah bayar orderan makanan kita, aku dan miza ngobrol di meja kami yang kebetulan persis di sebelah POSB bank. resto ini konsepnya terbuka jadi kegiatan di bank terutama ATM yang tepat berada di pintu masuk bank sangat jelas terlihat dari meja kami.

aku pergoki si miza sedang mengamati orang orang yang antri ATM. otakku mulai iseng menggoda dan penasaran pengen tahu apa yang sedang ada di dalam pikiran makhluk kecil ini.

"miza ... what do you call that machine?" sembari menunjuk ke mesin ATM.

"ATM ...." jawabnya cepet, hmmm tentu saja karena ada tulisan besar di atasnya ATM.

iseng lagi aku lempar pertanyaan berikutnya.

"what do you think those people are doing?"

"they are taking money from that machine" .... wajar dalam hati aku bergumam dia sering melihat diriku menarik uang dari machine itu, bahkan kadang dia pun ikut menadah duit dari ATM.

"oh really .... and where does that machine get the money from?" penasaran pengen tahu apa jawabnya.

" the machine take money from other people, so when you take money from that machine you use other people money" ... hmm bener juga sih walaupun dalam konsep kasar, yang artinya dia nggak sebutin fungsi teller di bank untuk menerima deposit.dalam hati mungkin karena aku nggak pernah antri di teler, seringnya tarik uang terus dari ATM, jadi konsep deposit uang ke bank itu awam buat si miza. PR buat diriku ....gumamku dalam hati.

lanjut terus memancing si miza ..

" so if you keep taking money from the bank and never put the money inside. what happend to the bank and to you?"

"oh!!! you can not do that!!" terkejut juga aku dengan jawabannya.

"really why?" pancingku lagi ....

"because ..." dengan wajah yang sedikit kesal karena nggak sabar dengan pertanyaanku.

" the bank will send you letter and in the letter the bank will say ... YOU NEED TO WORK, YOU DONT HAVE ENOUGH MONEY IN THE BANK"

...."binggooooo .... not bad at all" dalam hati ku, tapi tau dari mana dia konsep ajaib ini, aku tanya lagi.

"really ... who told you that or teach you that"

kali ini dengan wajah yang bener bener kesel dia jawab

"remember sometimes you get letter from the bank? and when i give it to you you never open it and just put it on the side, because you dont like to work ....."

wkwwkwkwkwkwkwkkw .... gubrak*** ........

bener kadang miza dapat tugas buka mailbox dan distribute surat surat untuk ayah atau ibu. dan setiap kali amplop dari DBS bank atas namaku nggak pernah aku sentuh waktu miza memberikan amplop itu ke aku. karena itu cuma bank statement biasa, dan aku tahu nggak banyak transaksi di sana paling shopping shopping ku dan uang masuk bulanan dari suami. jadi nggak terlalu penting bagi diriku .....

wah .. senjata makan tuan ini namanya ...wkwkwkwkwkwkwwk

[republished from facebook]